Friday 26 August 2016

Mengatasi partisi Free Space pada Disk Management tidak bisa dihapus dan dibuat

Mengatasi partisi Free Space pada Disk Management tidak bisa dihapus dan dibuat


Mengatasi partisi Free Space pada Disk Management tidak bisa dihapus dan dibuat – Pagi hari tadi waktu lagi asik-asiknya nyicip HDD external baru bekas HDD laptop yg rusak ternyata banyak berkas yang tidak berguna numpuk dipartisi bekas sistem operasi windows 7. Dihapus ga bisa, akhirnya admin format tuh. Pas dicek Disk Management, baru tahu ternyata ada 2 pasrtisi lagi yaitu system reserved sama satu lagi partisi dengan nama Free Space sebesar 7 GB yang tidak tampil di My Computer. Wah lumayan tuh, yg partisi system reserved digabungin dengan partisi yang baru diformat, partisi Free space mau aku gabungin dengan partisi lainnya.

partisi free space

Namun masalah muncul waktu klik kanan pada partisi Free space pilihannya pada abu abu semua ga bisa dipilih, hanya pilihan new partition  yang bisa. Ya sudah admin buat saja partisi baru dengan ukuran 7 GB nanggung banget rasanya. Dan ternyata masalah kedua muncul yaitu pasrtisi kosong tersebut tidak bisa dibuat partisi lagi. Hal itu membuat pusing, hampir saja putus asa nyari solusi akhirnya ane menemukan komentar di suatu forum luar untuk menggunakan software EaseUS Partition Master. Dan hasilnya menakjubkan akhirnya HDD external admin nambah 7 GB hehehe lumayan.

Admin benar benar merekomendasikan software ini untuk urusan partisi mempartisi meskipun baru pertama kali pakai soalnya juga pertama kalinya dapat masalah kayak gini. Mungkin masih banyak software partisi yang lebih baik dan bagus di luar sana namun apa salahnya mencobanya. Untuk mendownloadnya silahkan klik llink dibawah ini

 

Download EaseUS Partition Master Free version

 

Cara pakainya mirip seperti Disk Management pada Windows. Admin menghapus pastisi hasil gabungan system reserved dan bekas OS windows 7 menjadi Unallocated dan menghapus partisi Free Space, jadinya partisi Free Space menghilang dan partisi Unallocated bertambah menjadi 7 GB hasil penghapusan Free Space. Kemudian partisi Unallocated tersebut admin buat pasrtisi baru lagi. Berkut tampilan EaseUS PArtition Master yang mirip dengan Disk management.

EaseUs patition master arifuw

Hasil akhir terlihat kalau HDD external admin hanya memiliki 3 partisi saja. Sekarang lihat Disk management di windows. Masalah sekarang sudah hilang, tinggal lanjutin ngeblognya.

image

Sekian postingan kali ini. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan ajukan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.


Available link for download